PENGELOLA GEDUNG
Building Management


Housekeeping
Engineering/Utility Maintenance
Building Operator
Security
Parking Management
Safety, Health, and Comfort Management
Toxic and Hazardous Waste Handling

Certificate Of Occupancy

Jasa pengelolaan gedung yang kami tawarkan meliputi pengoperasian, pemeliharaan dan perawatan peralatan terpasang seperti : genset, panel listrik, pengatur suhu ruangan, elevator, CCTV, hydrant, PABX, automated gate, dll., kebersihan dan perawatan gedung, keamanan gedung, pengelolaan parkir, pengurusan perijinan terkait kelaikan fungsi gedung, pengendalian hama, hingga penjadwalan dan pelaksanaan simulasi tanggap darurat kebakaran atau bencana lainnya.


Obyek pengelolaan yang dapat kami layani tidak terbatas pada gedung atau ruang kantor, namun kami juga melayani pengelolaan rumah dinas, wisma/guesthouse, ATM (kebersihan dan perawatan peripheral) serta ruang kerja lainnya.


Untuk menjalankan layanan pengelolaan gedung ini kami telah memiliki tenaga ahil di bidang kelistrikan, bidang bangunan, bidang K3 dan lain-lain serta telah menerapkan teknologi Building Management Information System berbasis web yang memungkinkan SLA kami kepada klien terkelola dan termonitor secara optimal.

Sebagai jaminan lebih lanjut bagi klien bahwa jasa pengelolaan gedung kami telah memenuhi standar baku industri, 3 sertifikasi ISO telah kami peroleh di tahun 2020-2021 dan dilengkapi dengan serfikasi SMK3 dari Kemnaker tahun 2023.

RUANG LINGKUP LAYANAN KAMI

PREVENTIVE MAINTENANCE. kegiatan perawatan perangkat utilitas gedung dan peripheral lainnya dengan tujuan agar kinerja perangkat terjaga optimal dan masa manfaat perangkat terpasang bisa lebih panjang. preventif maintenance juga bertujuan untuk mendeteksi bagian/komponen dari perangkat yang sudah rusak, aus atau usang dan memerlukan penggantian sebelum perangkat tersebut gagal fungsi dan berpotensi mengganggu kenyamanan para tenant atau bahkan menginterupsi kinerja sistem yang lain.

HOUSEKEEPING. Kegiatan housekeeping meliputi pemeliharaan kebersihan, keindahan, kenyamanan dan perawatan area-area kerja, area publik dan area-area lain dalam lingkungan gedung, melakukan pembelanjaan non durable goods seperti tisu, sabun, lampu dll., membayar tagihan bulanan dan iuran lingkungan, hingga mengurus perijinan-perijinan terkait kelaikan fungsi gedung, dan perangkat utilitas terpasang. Pada masa kini fungsi housekeeping juga termasuk menjaga kesehatan lingkungan kerja.

IMPLEMENTASI SMK3. Sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja atau SMK3 pada dasarnya adalah upaya preventif untuk melindungi pekerja dari kecelakaan kerja karena ketiadaan atau ketidakcukupan atau pengabaian penggunaan perangkat  keselamatan kerja,  atau ketidaksiapan fisik pekerja khususnya yang berhubungan dengan tempat kerja yang berbahaya seperti ketinggian, kedalaman atau ruang sempit. Tim Binayasa akan melakukan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan pekerja, kelengkapan dan kelaikan fungsi perlengkapan kerja serta pelindung diri (safety gear) yang digunakan pekerja, baik terhadap pekerja dari internal Binayasa sendiri maupun dari vendor lain yang melaksanakan pekerjaan di gedung yang dikelola.

KEAMANAN. Keamanan yang menjadi tanggung jawab Building Management adalah keamanaan akses fisik terhadap gedung khususnya area-area gedung yang aksesnya terbatas. Untuk melaksanakannya, Binayasa menugaskan dan menempatkan sejumlah petugas satuan pengamanan untuk mengawasi dan membatasi akses serta melakukan monitoring keamanan gedung melalui CCTV. Tim Binayasa akan melakukan koordinasi dengan aparatur keamanan negara setempat apabila ada potensi huru-hara atau pemaksaan oleh sekelompok orang disekitar gedung yang dikelola. Tuntutan klien saat ini satuan pengamanan juga harus bisa menjadi bagian dari pelayanan melalui pemberian informasi maupun pengaturan antrian bila dibutuhkan.

TENANT RELATION. Binayasa menugaskan seorang officer yang  menjalankan fungsi tenant relation dengan tanggungjawab : menjalin hubungan baik dengan tenant, menangani permasalahan yang berkaitan dengan tenant, melakukan koordinasi internal berkaitan dengan kenyamanan/keluhan tenant, mengkomunikasikan tagihan, membantu administrasi fit out, perpanjangan sewa, penambahan ruang hingga kepindahan ruang. 

PENANGANAN INBOUND CALL. Di masa sekarang ini berkomunikasi menggunakan ponsel pribadi untuk kepentingan perusahaan sudah menjadi suatu kelaziman. Namun perusahaan tetap menyediakan telepon fixed line sebagai alamat elektronis yang bisa dihubungi dengan dukungan PABX untuk pengaturan ekstensi. Pada gedung kantor berlantai  23 yang ditempati lebih dari 35 Divisi dan berbagai level jabatan, tugas terbesar dari operator telepon adalah menangani inbound call. Operator wajib memiliki informasi mengenai nama dan ekstensi semua Divisi/Unit kerja serta nama-nama pejabat yang bekerja di dalam gedung. Sedikit pemahaman mengenai job desk Divisi menjadi bonus informasi bagi operator karena penelpon mungkin hanya memiliki permasalahan tanpa tahu nama Divisi atau nama orang yang mau dihubungi.

PENGELOLAAN PARKIR. Keamanan dan kenyamanan area parkir merupakan bagian terintegrasi dari building management. Karenanya penempatan gate, pengaturan flow, kemudahan pembayaran bagi tamu, jaminan keamanan kendaraan serta akuntabilitas pertanggungjawaban penerimaan parkir menjadi aspek yang selalu dievaluasi, termasuk terhadap mitra pengelola yang ditunjuk.

PENANGANAN BENCANA. Menjamin keselamatan semua orang yang berada digedung apabila terjadi bencana (gempa, kebakaran, atau bentuk disaster lainnya) merupakan bagian yang sangat penting dari serangkaian tugas building management. Tim Binayasa secara rutin melakukan pemeriksaan terkait kelaikan fungsi semua perangkat emergency seperti hydrant dan pompanya, smoke detector, APAR, alarm system dll., memastikan pintu keluar darurat tersedia dan tidak terhalang, menyediakan APAR pada area yang mudah terjangkau, memasang petunjuk-petunjuk pengamanan diri dan evakuasi pada seluruh lantai gedung, menugaskan floor captain, hingga melaksanakan simulasi prosedur evakuasi personil yang melibatkan seluruh tenant/orang yang berada di dalam gedung.

 

Untuk tugas ini Binayasa menjaga hubungan baik dengan dinas pemadam kebakaran setempat serta aparatur pemerintahan dan keamanan setempat.

Layanan Kami didukung dengan Building Management Information System (BMIS)

Penggunaan Teknologi Sistem Informasi berbasis web memudahkan kami dalam membuat perencanaan dan memantau pelaksanaan berbagai kegiatan  inspeksi, perawatan dan perbaikan seluruh obyek yang kami kelola untuk memastikan terpenuhinya SLA kami kepada klien.

BMIS juga telah dilengkapi dengan modul registrasi keluhan klien dan telah kami kelompokan kedalam beberapa katagori sehingga memudahkan kami untuk memonitor penyelesaiannya dan menyeimbangkan beban kerja tim technical support kami serta sangat bermanfaat untuk evaluasi layanan dan fokus perbaikan kedepannya. 

Platform berbasis web kami pilih agar tim technical support kami dapat melakukan update status obyek melalui perangkat HP-nya segera setelah tindakan solusi selesai dilakukan.